Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melibatkan sebanyak 165 tenaga pelipatan dan penyortiran surat suara pemilu serentak pada 17 April 2019.

"Kami melibatkan sebanyak 165 tenaga pelipatan dan penyortiran dari unsur masyarakat," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 165 tenaga penyortiran dan pelipatan itu untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten sementara surat suara DPD dan calon presiden dan wakil presiden masih belum tiba di KPU.

"Kami menargetkan dalam tiga hari ini semua surat suara yaitu sebanyak 200 koli sudah selesai disortir dan dilipat, dimana satu koli terdapat sebanyak 1.000 surat suara," ujarnya.

Ia menjelaskan, pelipatan dan penyortiran dipilah sebanyak 20 lembar kemudian diikat dan kemudian dimasukkan kembali ke dalam dus.

"Ini bagian dari pola dan strategi pelipatan dan penyortiran saja, agar mereka bekerja lebih mudah dan cepat," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga sekarang pihak KPU baru menerima sebanyak 200 koli surat suara pemilu serentak pada 17 April 2019 dan sudah mulai dilakukan penyortiran serta pelipatan.

"Pelipatan kami lakukan sekaligus penyortiran, untuk memastikan berapa jumlah surat suara yang rusak dan harus diganti," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019