Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan keterampilan para petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar mampu menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara dengan baik pada Pemilu 2019.

"Secara bergilir kami akan memberikan pelatihan kepada ribuan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di seluruh desa," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Senin.

Pelatihan berupa bimbingan teknis tata cara pemungutan dan penghitungan suara ditargetkan selesai pada 7 April 2019 kepada seluruh KPPS yang akan bertugas di 511 TPS yang ada di daerah itu.

Menurut dia, pelatihan akan diberikan dengan materi tata cara pemungutan dan penghitungan perolehan suara agar petugas memahami berbagai formulir yang harus diisi agar tidak terjadi kesalahan.

"Kami akan memberikan berbagai pola simulasi agar lebih mudah dipahami petugas, baik tata cara pemungutan maupun pola pengisian formulir yang wajib diisi petugas KPPS saat pemungutan suara di TPS," katanya.

Melalui kegiatan itu, diharapkan seluruh petugas KPPS, mulai KPPS-1 hingga KPPS-7 memahami tugas dan fungsinya selama menjalankan tugasnya di TPS.

"Sampai saat ini baru petugas KPPS yang ada di Kecamatan Muntok yang sudah menerima bimbingan teknis, sementara lima kecamatan lain masih terus dilakukan secara bertahap," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019