Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan tiga tim patroli yang akan melakukan pengawasan pada masa tenang Pemilu 2019.

"Tiga tim sudah disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pelanggaran pada masa tenang pemilu, masing-masing tim akan berpatroli di dua kecamatan," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio F Pahlevi di Muntok, Rabu.

Menurut dia, pelanggaran yang mungkin terjadi di masa tenang, antara lain masih adanya alat peraga kampanye yang terpasang, kegiatan kampanye terselubung, kegiatan kampanye di tempat ibadah dan pelanggaran lain.

Pada masa tenang juga rentan terjadinya politik uang, untuk itu diharapkan masyarakat juga ikut aktif menjaga jangan sampai terjadi pelanggaran.

Patroli pengawasan pemilu dengan pola pengawasan keliling menggunakan kendaraan akan dilaksanakan setelah kegiatan penertiban alat peraga kampanye yang akan dilakukan pada 14 April 2019.

"Kami akan melibatkan seluruh pengawas di tingkat kecamatan, desa dan petugas pengawas TPS untuk melakukan pemantauan di masing-masing wilayahnya," katanya.

Untuk memaksimalkan pola pengawasan dengan berpatroli keliling daerah itu, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan Pemkab Bangka Barat, Kepolisian dan kecamatan agar nantinya bisa bersama-sama bergerak mengawasi masa tenang.

"Pengawasan kami lakukan di seluruh kecamatan, namun akan kami perketat di lokasi-lokasi yang memiliki potensi besar terjadi pelanggaran," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019