Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sosialisasi prosedur pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu 2019.

"Untuk memudahkan sosialisasi tersebut kami gelar melalui sebuah simulasi dengan melibatkan pemilih, penyelenggara, pengawas dan petugas pengamanan TPS 08 Kelurahan Sungaidaeng, Muntok," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Sabtu.

Kegiatan simulasi yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB di halaman Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Bangka Barat tersebut dilaksanakan menyerupai pelaksanaan pemungutan suara sesungguhnya.

Seluruh pemilih yang terdaftar di TPS tersebut, terdiri dari 156 pemilih terdata di DPT, 10 pemilih DPTb dan tiga orang pemilih DPK dilibatkan untuk menyukseskan simulasi tersebut, dan mereka cukup antusias mengantre sejak dibukanya kegiatan simulasi tersebut.

"Seluruh proses kami lakukan dan para panitia pemilihan di tingkat kecamatan juga kami undang agar mereka memahami dengan baik detail proses pelaksanaan pemungutan suara sejak dibukanya TPS hingga rakapitulasi dan pengisian seluruh dokumen selesai," tuturnya.

Melalui kegiatan itu KPU kabupaten berharap seluruh KPPS yang nantinya akan bertugas menyelenggarakan pemilihan umum di tingkat TPS memahami seluruh prosedur dan bisa mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam tahapan itu.

Dalam simulasi ini penyelenggaraan sesuai aturan yang ada, TPS dibuka pukul 07.00 WIB , selanjutnya proses pemungutan suara hingga pukul 13.00 WIB dilanjutkan proses penghitungan suara.

"Untuk proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara kami perkirakan hingga malam hari karena ada lima jenis surat suara yang dihitung dan direkap," ujarnya.

Kegiatan tersebut, juga sebagai salah satu cara pemantapan bagi para petugas KPPS agar mampu melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku pada pemilu sesungguhnya yang akan digelar Rabu (17/4).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019