Bupati Bangka, Mulkan minta pihak pengelola rumah sakit di daerahnya saling sinergi sehingga terbentuk kerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan bupati di Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin saat peresmian gedung pertemuan dan poliklinik di Rumah Sakit Medika Stania.

Sinergi antarrumah sakit baik swasta maupun rumah sakit pemerintah, kata bupati, memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

"Jika terdapat pasien dari rumah sakit pemerintah atau sebaliknya yang tidak bisa ditangani dapat dirujuk ke rumah sakit tujuan yang sudah melakukan kerja sama," jelasnya.

Menurut Bupati Mulkan, sinergitas atau kerja sama antarrumah sakit merupakan upaya menghindari persaingan guna meminimalksn adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Bagi rumah sakit yang belum atau tidak ada kerja sama dengan rumah sakit pemerintah, katanya, pihaknya akan membatasi bantuan dokter PNS ke rumah sakit tersebut.

"Saya berharap pihak rumah sakit Medika Stania segera membuat kerja sama dengan pihak rumah sakit pemerintah supaya kedepannya dapat saling mendukung untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik," jelasnya.

Tercatat terdapat enam rumah sakit di Kabupaten Bangka terdiri dari empat rumah sakit milik pemerintah dan dua rumah sakit swasta.

"Direncanakan akan dibangun satu unit rumah sakit di Kecamatan Mendo Barat, guna memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat setempat," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019