Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi peran media massa dalam mendesiminasikan informasi Pemilu 2019 sehingga meningkatkan partisipasi politik masyarakat di daerah itu.

"Kami mengapresiasi peran media mendesiminasikan informasi baik sebelum, selama, dan setelah pesta demokrasi Pemilu 2019," kata Plt Kadiskominfo Belitung, M Iqbal melalui Kasi Pengelolaan Informasi dan Produksi, Zakinah di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, peran media massa baik cetak dan elektronik dalam menyampaikan informasi tentang Pemilu 2019 cukup penting, termasuk ajakan untuk menjaga kondusifitas daerah jelang pelaksanaan Pemilu serentak 2019 lalu.

"Terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung suasana kondusif pesta demokrasi dan juga terhadap partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu 2019," ujarnya.

Berdasarkan pemantauan, kata dia, pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di daerah itu berjalan lancar, termasuk tidak ditemukannya penyebarluasan informasi atau konten yang berisikan kebencian dan berita bohong sehingga berpotensi menggangu kelancaran Pemilu serentak 2019.

"Karena jauh hari kami sudah antisipasi dengan aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap, semua pihak tetap dapat menjaga kesejukan informasi di daerah itu, termasuk sikap bijak dari peserta Pemilu 2019 menyikapi hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survey.

"Masyarakat bisa dengan sabar menunggu tidak menyebarkan dalam bentuk apapun. Tunggu hasil keputusan dari penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, karena dikhawatirkan membuat friksi dan disintegrasi di masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019