Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Selatan menggandeng LPPKD menggelar bimbingan teknis (Bimtek) guna meningkatkan pengetahuan perangkat desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang ada di daerah itu.

Ketua Apdesi Bangka Selatan A Basahir di Bandung, Selasa mengatakan Bimtek ini dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan melalui Bimtek pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskuedes Versi 2.0 Pengadaan barang dan jasa di desa bagi tim pengelola kegiatan (TPK) serta optimalisasi peran kepala Desa dan BPD Se-Kabupaten Bangka Selatan.

"Pelatihan ini diikuti sebanyak 256 orang peserta yang terdiri Kepala Desa, BPD dan perangkat desa dan akan dilaksanakan selama lima hari terpusat di Harris Hotel Convention Bandung Jawa Barat," kata dia.

Ia mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh rekan rekan kepala desa BPD dan perangkat desa dapat lebih memahami tugas pokok dan fungsi dalam melayani masyarakat.

"Sampai saat ini hampir seluruh desa masih menggunakan aplikasi Siskuedes versi 1.8, untuk itu dalam bimtek ini akan kami instal aplikasi versi 2.0 dan akan di pandu cara penggunaan aplikasi tersebut sehingga tidak ada kesulitan dalam menggunakannya," katanya.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan dan Desa, Suprayitno mengatakan dalam pelaksanaan rangkaian bimtek, 256 peserta akan melakukan orientasi lapangan salah satu desa terbaik dalam penggunaan aplikasi Sikuedes.

"Besok pagi rencananya seluruh peserta akan melakukan orientasi lapangan ke lokasi Desa Terbaik dalam pemanfaatan Aplikasi Sikeudes yakni Desa Tanimulya Kecamatan Ngaprah Kabupaten Bandung barat. Kami berharap hasil dari peninjauan ini, para peserta dapat implementasikan dalam menjalankan tugas di masing masing desa," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019