Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menguatkan karakter para siswa di daerah itu melalui berbagai lomba seni dan olahraga.

"Kami berharap melalui kegiatan rutin tahunan lomba seni dan olahraga ini, generasi muda khususnya para pelajar semakin memiliki karakter kuat, sehat jasmani dan rohani," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Muntok, Selasa.

Lomba antarpelajar yang digelar rutin tersebut, meliputi lomba seni yang terdiri atas seni tari, musik, kriya anyam, menggambar bercerita, pantomim, dan lainnya, sedangkan untuk lomba olahraga digelar lomba atletik, karate, bulu tangkis dan renang.

"Dengan meningkatnya kemampuan olahraga dan kesenian, kami yakin para siswa akan semakin terpacu dalam meningkatkan kemampuan belajarnya," katanya.

Dia menjelaskan pelaksanaan lomba seni dan olahraga antarpelajar itu dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan akademik dan nonakademik.

Lomba dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat sekolah, tingkat kecamatan, dan saat ini sedang dilangsungkan untuk tingkat kabupaten.

"Bagi para pemenang lomba di tingkat kabupaten, nanti akan kami kirim mewakili daerah untuk berlomba di tingkat provinsi dan jika menang akan dikirim ke nasional," ujarnya.

Rangkaian kegiatan lomba yang berlangsung untuk seleksi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten tersebut akan berlangsung hingga 4 Mei 2019 yang seluruhnya digelar di Muntok.

"Kami berharap mereka tetap menjunjung sportivitas dan menghormati setiap lawan main dan wasit agar lomba berjalan tertib dan mendapatkan hasil terbaik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019