Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat konsolidasi persiapan rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara tingkat provinsi.

"Di rapat ini kita mengevaluasi hasil penyelenggaraan tahapan pemilu yang sudah dilakukan KPU kabupaten/kota di Babel, terkait penghitungan suara dan rekapitulasinya," kata Divisi Teknis KPU Babel, Pudjiastuti di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019, dari tahapannya secara global Babel lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Selama penyelenggaraan, ada tidaknya permasalahan akan dibahas dalam rapat konsolidasi tersebut.

"Selain melakukan evaluasi dari kabupaten/kota, kita juga akan membahas permasalahan di tingkat kecamatan, misalnya data pemilih yang tidak sesuai dengan rekapan dan ada tidaknya keberatan saksi parpol," ujarnya.

Menurut Pudjiastuti, selama pemungutan dan penghitungan suara hingga pemungutan ulang sejauh ini tidak ada persoalan. Kebanyakan permasalahan hanya ada di data pemilih yang tidak sesuai dari DPHTB 3 dan DPHTB 2.

"Untuk pemungutan dan penghitungan tidak ada persoalan. Kebanyakan permasalahan hanya di data pemilih saja yang terkadang tidak sinkron," ujarnya.

Ia menambahkan, jika ada persoalan di kabupaten/kota, KPU Babel akan segera menindaklanjuti dan memperbaikinya sesuai prosedur yang ditetapkan perundang-undangan.

"Kita harap tidak ada persoalan lagi, terkecuali nanti jika ada yang mengajukan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di MK," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019