Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas perikanan setempat menyalurkan bantuan enam unit kapal penangkapan ikan kepada sejumlah kelompok nelayan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ibnu Taufik Hidayat di Sungailiat, Selasa, mengatakan, bantuan enam unit kapal penangkapan ikan itu disalurkan kepada kelompok nelayan yang dianggap berhak menerima bantuan.

"Enam unit kapal bantuan itu berkapasitas tiga gross ton yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2019," katanya.

Menurut dia, bantuan kapal penangkapan ikan bagi nelayan bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan.

"Hampir setiap tahun pemerintah daerah menyalurkan bantuan kapal penangkapan ikan meskipun jumlahnya berbeda," ujarnya.

Selain menyalurkan bantuan kapal penangkapan ikan kata dia, pemerintah daerah juga menyalurkan bantuan jaring kepada nelayan sepanjang kurang lebih 800 piece atau 40.000 meter.

"Jaring sepanjang kurang lebih 800 piece atau sekitar 40.000 meter itu akan disalurkan ke nelayan di kecamatan Merawang, nelayan Sungailiat, nelayan di Kecamatan Mendo Barat, Belinyu dan nelayan di Kecamatan Riau Silip," jelasnya.

Menurut dia, jaring bantuan yang salurkan kepada nelayan khusus untuk jaring udang, jaring untuk udang dan jaring khusus ikan selar. ***1***

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019