Persediaan beras di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama bulan suci Ramadhan relatif aman.

"Ketersediaan bahan pangan terutama beras masih aman bahkan cukup untuk empat bulan ke depan," kata Kepala Dinas Pangan dan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan stok beras di tingkat distributor masih melimpah sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi krisis pangan dalam bulan Ramadhan.

"Mengenai harga beras sampai hari ini juga relatif stabil, tidak ada menunjukkan grafik kenaikan dan kami berharap harga beras tidak naik," ujarnya.

Beberapa bahan pangan lainnya, termasuk jenis hortikultura juga tidak mengalami kenaikan sehingga pengeluaran ibu rumah tangga tidak membengkak dalam bulan suci Ramadhan.

"Namun demikian, kami terus memantau kondisi harga bahan pangan pada sejumlah pasar desa di daerah ini untuk melihat pergerakan harga," ujarnya.

Jika terjadi lonjakan harga, maka pihaknya melakukan upaya menstabilkan harga sehingga konsumen tetap mampu membeli bahan pangan dengan harga lebih terjangkau.

"Kami juga terus menjaga inflasi jangan sampai menunjukkan grafik kenaikan, kalau sejumlah bahan kebutuhan pangan naik tentu mendorong tingginya inflasi," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019