Penumpang kapal cepat di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada H -1 menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah mulai menurun.

"Hari ini jumlah penumpang mulai berkurang dibandingkan kemarin dan kembali normal," kata Petugas Lalulintas KSOP Tanjung Pandan, Iswandi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang di pelabuhan itu terjadi pada tanggal 29 - 31 Juni, dimana penumpang memilih mudik pada hari tersebut karena telah memasuki waktu libur.

"Jumlah penumpang mengalami peningkatan rata - rata dalam satu kali keberangkatan jumlah penumpang diatas 300 orang," ujarnya.

Dikatakannya, sejauh ini arus mudik di pelabuhan itu terpantau lancar, dimana masing-masing pihak saling bersinergi guna menyukseskan pelaksanaan mudik di daerah itu.

"Semua berjalan lancar dan normal sampai sekarang. Kami selalu memastikan keselamatan pelayaran dengan melakukan pemeriksaan baik berupa alat keselamatan sampai dengan semuanya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelayaran Sakti Inti Makmur (SIM) Ivan Febrianto mengatakan jumlah penumpang yang berangkat menggunakan kapal cepat Expres Bahari pada hari itu sebanyak 231 orang.

"Mulai hari jumlah penumpang yang melakukan mudik mulai berkurang dibandingkan kemarin jumlahnya mencapai 367 penumpang," katanya.

Menurutnya, kapal cepat Express Bahari akan kembali melayani arus balik lebaran di daerah itu pada tanggal 7 Juni 2019 atau hari ketiga setelah lebaran.

"Puncak arus balik kami perkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu karena Senin mereka mulai kembali masuk kerja," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019