Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengatakan akan segera mengeluarkan peraturan bupati (perbup) mengenai kewajiban wisatawan yang masuk di daerahnya.

"Saya akan segera mengeluarkan perbup yang mengatur kewajiban wisatawan yang masuk dan menikmati wisata di Kabupaten Bangka," katanya di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, dalam perbup itu nantinya mewajibkan wisatawan yang berkunjung di wilayahnya berkewajiban menginap dan menikmati makanan di wilayahnya.

"Jangan sampai ada wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang menikmati keindahan wisata di wilayah Kabupaten Bangka, namun menginap di hotel dan membeli makanan di luar kota," katanya.

Perbup itu ditertibkan kata bupati, agar pertumbuhan sektor pariwisata penunjang dapat menikmat secara merata mulai dari perhotelan, seni budaya dan kulinernya.

"Saya optimis, melalui perbup nantinya sektor pariwisata yang potensinya hampir merata diseluruh wilayah kecamatan akan mengalami peningkatan sehingga memberikan pula peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Bupati menginginkan pemerataan peningkatan ekonomi di wilayahnya melalui sektor pariwisata dapat tumbuh dan berkembang secara berlanjutan.

"Kita memiliki keindahan wisata pantai yang cukup indah, sarana hotel yang memadai serta beranek ragam kuliner yang memiliki citarasa khas," jelasnya.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata yang dikemas secara terpadu seperti, Sungailiat Triathlon 2019 yang akan diikuti oleh 302 orang peserta dari 16 negara termasuk event lainnya bertaraf nasional dan internasional.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019