Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan wisata olahraga (sport tourism) guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Potensi Belitung untuk mengembangkan sport tourism cukup mendukung," kata Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, Belitung memiliki segudang potensi guna mendukung pengembangan wisata olahraga mulai dari kondisi alam dan fasilitas pendukung lain seperti keberadaan hotel - hotel berbintang di daerah itu.

"Untuk kegiatan otomotif misalnya kami memiliki lapangan "motor cross" kemudian kegiatan "touring" juga bisa dilaksanakan dan di laut kami melaksanakan kegiatan Kayak Marathon. Jadi event - event itu bisa dilaksanakan di daerah kami," ujarnya.

Bupati menambahkan, wisata olahraga memiliki kemampuan yang menjanjikan dalam menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu disamping menawarkan potensi - potensi wisata lainnya.

Ia mencontohkan, kegiatan Trifactor Belitung Triathlon Series 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Belitung.

"Belitung Triathlon Series 2019 merupakan event internasional yang diikuti oleh negara - negara di Asean seperti Malaysia, China, Singapura," ujar dia.

Sementara itu, pemegang lisensi Trifactor, Jeffrey Sonny Kaunang, di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan Belitung memiliki keunggulan sehingga menjadi tempat pelaksanaan kegiatan itu.

"Hanya Belitung boleh dikatakan mempunyai kelebihan dibandingkan daerah lain. Punya area laut dan pantai yang bersih kemudian jalan aspal yang bagus dan didukung hotel berbintang," katanya.

Disampaikannya, kegiatan Belitung Triathlon Series 2019 nantinya akan diikuti sebanyak 500 peserta dari berbagai negara.

"Sejauh ini kami sudah siap dalam pelaksanaannya. Sejak dari peluncuran di bulan Desember lalu," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019