Bupati Bangka Mulkan akan melakukan evaluasi pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2019 pada Sabtu (15/6), supaya penyelenggaraan pada tahun-tahun mendatang lebih baik.

"Kami akan mengevaluasi Sungailiat Triathlon 2019 dengan melihat sejumlah kekurangan sehingga kegiatan yang sama tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi," katanya di Sungailiat, Senin.

Sungailiat Triathlon 2019 atau yang ketujuh kalinya itu sebagai peristiwa yang memiliki kesan penting bagi dirinya karena menjadi pertama kalinya bagi dirinya pada masa awal memimpin daerah tersebut.

"Evaluasi kegiatan dari mulai tema yang hendak diangkat, tempat kegiatan, termasuk teknis lainnya sehingga triathlon tahun berikutnya terlaksana lebih maksimal dengan diikuti banyak peserta dari beberapa negara di dunia," kata dia.

Ia menyebut Sungailiat Triathlon 2019 diselenggarakan dengan sukses, diikuti lebih dari 300 atlet, baik lokal, nasional, maupun internasional dari 16 negara.

Hal penting lainnya dari evaluasi itu, kata dia, terkait dengan dampak positif secara berkelanjutan untuk menarik wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara sebanyak mungkin, untuk masuk daerah setempat dan menikmati objek wisata.

"Sampai akhir tahun 2019, kami menargetkan jumlah wisatawan berkunjung di Kabupaten Bangka mencapai 86.000 orang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," kata dia.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi pada kesempatan sebelumnya, mengatakan meskipun karater kegiatan sama namun tema yang diangkat harus selalu berbeda-beda agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk hadir di daerah setempat dan mengikuti kegiatan tersebut.

Dia menyarankan pemerintah daerah yang menyelenggarakan triathlon harus mampu mengembangkan tema untuk disesuaikan dengan ciri khas daerah masing-masing.

"Karakter daerah harus dimunculkan setiap kalender 'event' kegiatan pariwista dan hendaknya tema itu berbeda setiap tahunnya," ujar dia.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019