Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suwito mengungkapkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten tersebut pada tahun ini sudah melebihi target.

"Target kunjungan pada tahun ini sebanyak 80.000 orang, namun realisasi hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 90.000 orang yang datang," katanya di Mentok, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Menurut dia, tingginya animo wisatawan ke ujung barat Pulau Bangka tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan pemerintah setempat dalam mempromosikan objek dan berbagai informasi sosial budaya yang ada di daerah itu.

Promosi yang dilakukan secara bersama-sama, baik melalui pameran maupun media sosial dan media massa selama ini berjalan cukup baik, sehingga menambah minat wisatawan dari luar daerah datang ke daerah itu.

"Kami berharap kunjungan wisatawan hingga akhir tahun ini terus meningkat sehingga pendapatan daerah bertambah dan memberi dampak positif terhadap ekonomi masyarakat," ujarnya.

Selain melakukan promosi melalui berbagai media, seperti media sosial, booklet, lomba, pameran dan kegiatan seni budaya lainnya, pemerintah juga melengkapi berbagai fasilitas pendukung di objek wisata.

"Kenyamanan bagi pengunjung juga menjadi salah satu daya tarik objek wisata, itu akan terus kami tingkatkan," katanya.

Ia menjelaskan sarana dan prasarana di Pesanggrahan Menumbing yang menjadi salah satu destinasi andalan di Bangka Barat saat ini semakin lengkap dan bisa dimanfaatkan wisatawan, seperti air bersih, ketersediaan listrik, dan sejumlah objek foto yang cukup menarik.

Petugas juga secara rutin melakukan perawatan dan pengecekan agar fasilitas yang disediakan terjaga dan bisa menambah kenyamanan pengunjung.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019