Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh meminta para penyuluh di daerah itu menerapkan pupuk organik jenis MA 11 pada tanaman cabai, guna meningkatkan produksi tanaman hortikultura itu.

"Kami minta kepada penyuluh untuk mencoba menerapkan pupuk cair MA11 ke tanaman cabai dengan cara disemprotkan," ujarnya dalam pertemuan dengan para penyuluh di daerah itu di Koba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Bupati mengemukakan hal itu dalam rangka menerapkan secara merata penggunaan pupuk MA11 di daerah itu karena dinilai mampu meningkatkan produksi tanaman hortikultura dan unsur hara tanah.

"Saya juga minta kepada dinas terkait untuk mendorong para petani di daerah ini menggunakan MA-11, karena dengan mikroba yang ada maka proses perombakannya akan lebih cepat," katanya.

Ia menjelaskan, proses permentasi MA 11 lebih cepat dibanding dengan pupuk lainnya dan menggandung banyak unsur yang mampu merangsang mempercepat kesuburan dan produksi tanaman.

"Kami sangat optimis jika para petani membiasakan menggunakan MA11, maka bisa meningkat produksi tanaman hortikulturanya," ujarnya.

Sementara Kepala Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin mengatakan pupuk cair MA 11 memang baru dikenalkan kepada petani di daerah itu.

"Namun demikian kami terus mendorong para petani untuk menggunakan pupuk jenis ini karena kami sangat yakin akan mampu meningkatkan produksi, namun kendalanya persediaan MA11 masih terbatas," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019