Kepolisian Sektor Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melibatkan masyarakat Desa Dwi Makmur dalam kegiatan HUT Ke-73 Bhayangkara melalui lomba Pos Siskamling tingkat Polda Babel.

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Merawang, Iptu Yuhda Prakoso, melalui pesan singkatnya, Jumat mengatakan, lomba Siskamling yang diikutinya dengan melibatkan masyarakat dalam rangka HUT Ke-73 Bhayangkara tingkat Polda Bangka Belitung.

Hal penting dari kegiatan ini kata dia, menjadi edukasi bagi masyarakat lainnya guna membangun semangat kegotongroyongan dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban.

"Kegiatan pengamanan swakarsa masyarakat perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," jelasnya.

Dikatakan, Pos Siskamling di Desa Dwi Makmur yang ikut lomba tingkat Polda Babel merupakan salah satu dari sejumlah Pos Siskamling di wilayah hukum Polres Bangka yang diikutkan dalam kegiatan yang sama.

"Siskamling merupakan salah satu model polisi masyarakat dalam memberikan retribusi komunikasi serta informasi dari dan bagi masyarakat untuk menciptakan kamtibmas di setiap waktu," ujarnya.

Dia mendorong di masyarakatnya, agar Pos Siskamling diefektifkan secara berkelanjutan diseluruh desa atau bahkan sampai ketingkat RT untuk mencegah gangguan keamanan masyarakat termasuk musibah dan segera memberikan pertolongan awal jika terjadi bencana alam.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019