Kepolisian Resor Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, minta seluruh masyarakat di wilayah hukum itu untuk meningkatkan keamanan lingkungan guna mencegah terjadinya ancaman tindakan pelanggaran hukum.

"Saya minta masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya ancaman pelanggaran hukum oleh orang-orang yang tidak bertanggung- jawab," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bangka, AKP Faisal, di Sungailiat, Minggu.

Dia katakan, terlibatnya masyarakat peduli dengan keamanan lingkungan akan menekan terjadinya tindakan kejahatan di lingkungan masyarakat itu.

"Pelaku tindak kejahatan akan melakukan aksinya jika menganggap kondisinya cukup aman, begitu pula sebaliknya aksi kejahatan tidak berani dilakukan kalau masyarakat turut aktif menjaga lingkungan," katanya.

Menurutnya, peran aktif masyarakat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban dengan salah satu cara memaksimalkan peran sistem pengalaman keamanan lingkungan.

Siskamling merupakan suatu gerakan swakarsa masyarakat dalam rangka mewujudkan suatu daerah atau lingkungan yang aman, tertib dan kondusif.

"Saya ingatkan masyarakat jika mengetahui adanya ancaman pelanggaran hukum untuk segera melaporkan ke polisi terdekat agar dilakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku," katanya. 

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019