Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan meninjau situasi dan kondisi hari pertama masuk sekolah di sejumlah sekolah menengah kejuruan di Kota Pangkalpinang, guna memotivasi siswa dan orang tua untuk lebih giat belajar serta berkarakter.

"Kami berharap orang tua untuk lebih memperhatikan belajar dan pergaulan anak-anaknya," kata Erzaldi saat mengunjungi SMKN Pelayaran Pangkalpinang, Senin.

Pada hari pertama masuk sekolah, Gubernur Babel didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M Soleh mengunjungi SMKN 04 Kelautan dan Perikanan, SMKN 05 Pariwisata, SMKN 01, SMAN 02 Pangkalpinang dan dilanjutkan SMKN 01 Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.

Ia mengingatkan orang tua tidak menyerahkan sepenuh tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah, tetapi ikut mengawasi dan memotivasi anak untuk belajar di rumah.

"Saya meminta orang tua untuk mencium anak tujuh kali sehari, sebagai ungkapan kasih kasih dan juga menjalin hubungan emosional serta komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua," tambahnya.

Pada saat mengunjungi SMKN 04 Kelautan dan Perikanan Kota Pangkalpinang, Gubernur Babel sempat kesal karena siswa dan murid baru yang sedang berdiri dalam posisi siap, namun ada siswa yang ternyata memilih untuk duduk dan berteduh di belakang rombongan barisan.

"SMKN 4 PangkalPinang adalah sekolah pelayaran, siswanya harus disiplin, karena tanggungjawab kalian besar, mengkomandoi kapal nantinya bagaimana kalau tidak disiplin," katanya dihadapan para orang tua dan Murid baru.

Oleh karena itu, siswa SMKN 4 PangkalPinang diminta harus bersikap disiplin, tertib dan tegas karena sikap tersebut sangat dibutuhkan.

"Karakter anak harus mulai didik saat di keluarga hari ini kita melihat anak-anak bapak ibu di depan, saya mau semua dimulai dari keluarga jangan sampai karakter anaknya kurang ajar dan jangan manja," jelasnya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019