Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan program anjangsana ke sejumlah tokoh agama untuk meningkatkan silaturahmi dan menjaga situasi aman, tertib dan nyaman.

"Kegiatan anjangsana atau kunjungan silaturahmi ini merupakan salah satu pola yang dilakukan untuk meningkatkan sinergisitas polisi dengan masyarakat," kata Kepala Satbinmas Polres Bangka Barat, Iptu Taufik Zulpikar di Mentok, Kamis.

Sejumlah tokoh agama secara rutin dikunjungi, seperti yang dilakukan personel Satbinmas Polres Bangka Barat di Kantor Dewan Masjid Indonesia di Mentok.

Pada Kegiatan itu personel bertemu langsung dengan sejumlah pengurus dan berdiskusi dengan pengurus DMI Mentok dan beberapa tokoh agama Islam.

"Pada intinya kami ingin menguatkan toleransi dan bersama-sama mengimbau masyarakat agar saling menghormati antarumat beragama agar kamtibmas di wilayah hukum Polres Bangka Barat menjadi aman," ujarnya.

Menurut dia, organisasi tersebut diharapkan mampu melakukan pendekatan dan pembinaan terhadap tokoh agama di kecamatan, kelurahan maupun di desa dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Selain itu, dengan adanya kedekatan antara pengurus dengan masyarakat juga akan lebih mudah dalam mengantisipasi dan mencegah timbulnya gangguan kamtibmas di masyarakat.

"Mereka juga kami harapkan mampu menjadi pelopor aktifnya pola siskamling di setiap RT dan RW," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019