Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengagendakan nonton bareng debat pasangan calon presiden dan wakil presiden melalui layar lebar sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden, 9 Juli 2014.

"Acara nonton bareng debat capres rencananya akan kami gelar pada saat debat pasangan capres-cawapres pertemuan terakhir, yaitu pada 5 Juli 2014," ujar Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bangka Barat Yulizar di Muntok, Senin.

KPU setempat akan mendirikan layar lebar dan tenda di depan kantor Sekretariat KPU setempat, sedangkan pihaknya juga mengundang penonton dari masing-masing tim pasangan calon dan pengurus partai politik yang ada di daerah itu.

Pihaknya menggelar acara nonton bareng debat pasangan capres-cawapres pada episode terakhir, sekaligus sebagai pemberitahuan kepada tim pemenangan bahwa hari tersebut merupakan hari terakhir masa kampanye pilpres.  
    
"Jadi setelah nonton bareng, sudah memasuki masa tenang dan pada kesempatan itu kami juga akan menyampaikan kepada kedua tim untuk menurunkan sendiri alat peraga kampanye yang sudah terpasang pada keesokan harinya," kata dia.

Menurut dia, kegiatan nonton bareng debat pasangan capres-cawapres itu, diyakini akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilpres mendatang yang ditargetkan melebihi 75 persen daripada total jumlah pemilih.

"Kami berharap kegiatan berjalan lancar dan kedewasaan berpolitik yang sudah berjalan selama ini bisa tetap terjaga dan tercermin dalam kegiatan tersebut," kata dia.

Jumlah pemilih yang terdata dalam DPT di daerah itu 123.790 orang tersebar di 64 desa dan kelurahan di enam kecamatan di seluruh Kabupaten Bangka Barat, yang terdiri atas 63.831 pemilih laki-laki dan 59.959 perempuan.

Total jumlah pemilih di daerah itu 123.790 orang, yang masing-masing berasal dari Kecamatan Muntok 32.309 orang, Simpang Teritip 18.175 orang, Jebus 13.299 orang, Kelapa 21.894 orang, Tempilang 17.823 orang, dan Parittiga 20.290 orang.

Pemilu Presiden, 9 Juli 2014, diikuti dua pasangan calon, masing-masing nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014