Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong generasi muda di daerah itu memahami aset wisata daerah dan bisa ikut mempromosikan agar sektor pariwisata semakin berkembang.

"Potensi wisata cukup banyak dan menarik, baik wisata alam maupun sejarah, kami berharap generasi muda ikut berperan aktif dalam promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke ujung barat Pulau Bangka," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Selasa.

Menurut dia, berbagai pola pemahaman terhadap potensi wisata terus dilakukan dinas terkait melalui berbagai pola, terutama kepada generasi muda dan pelajar agar mereka bisa menjadi agen dan duta promosi.

Salah satu pola yang sudah berjalan selama ini adalah pembinaan terhadap kelompok sadar wisata dan kegiatan pencarian bakat untuk menjadi duta wisata daerah.

"Pemilihan bujang dan dayang Bangka Barat rutin dilaksanakan setiap tahun, seperti yang dilakukan beberapa hari lalu di Mentok," ujarnya.

Menurut dia, tujuan pelaksanaan kegiatan pemilihan bujang dayang Bangka Barat atau sejenis pemilihan abang none tersebut bertujuan untuk melatih dan menciptakan generasi muda yang berkarakter dan intelektual.

Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan sebagai ajang menyalurkan bakat untuk membina remaja agar berperilaku baik dan mampu merawat dan memelihara aset-aset wisata alam dan wisata sejarah yang ada di Bangka Barat.

Mereka disiapkan untuk menjadi mitra pemerintah dalam berpikir dan berkarya guna pembangunan kepariwisataan daerah.

"Para bujang dayang Bangka Barat, sebagian besar menuntut ilmu di luar daerah, mereka harus mampu menjadi duta wisata di sana dengan mengenalkan potensi daerah yang ada dan mengajak datang ke Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019