Pangkalpinang (Antara Babel) - Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla di tempat pemungutan suara (TPS) III Kecamatan Gabek II Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, menang telak dengan perolehan suara sebanyak 183 dari 415 pemilih.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS III, suhaimi, Rabu, mengatakan dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 415 orang yang hadir pada TPS sebanyak 268 orang.

"Dari 415 DPT sebanyak 268 telah menyalurkan hak suaranya sedangkan 147 DPT tidak menggunakan hak suaranya," ujarnya.

Dari penghitungan suara tersebut perolehan suara capres dan cawapres nomor urut dua memperoleh 183 suara, dan untuk capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa nomor urut satu hanya memperoleh 84 suara sedangkan surat suara tidak sah 1 lembar.

Sementara itu di TPS 10 dan 4 Girimaya Kota Pangkalpinang, Jokowi-JK juga unggul dengan memperoleh masing-masing sebanyak 132 dan 164 suara sedangkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 100 dan 80 suara.

Ketua KPPS 10 Girimaya Kota Pangkalpinang, Delip Atmaja, mengatakan, DPT di TPS 10 sebanyak 378 orang sedangkan yang menyalurkan hak politiknya sebanyak 232 orang sementara suara tidak sah ada dua.

"Sepertinya mereka yang tidak hadir itu sakit atau tidak enak badan sehingga mereka pun enggan untuk keluar rumah," ujarnya.

Ia mengatakan, proses pemungutan suara di TPS tersebut berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

"Semoga saja di TPS daerah lain juga berjalan dengan lancar dan aman sehingga apa yang diharapkan dalam pesta demokrasi kali ini benar-benar terwujud," ujarnya.

Pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 diikuti dua pasang kandidat capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa nomor urut satu dan Joko Widodo-Jusuf Kalla nomor urut dua.

Pewarta: Oleh Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014