Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan sebanyak 5.000 liter air bersih kepada warga kampung RT 02 Lingkungan Nelayan II Sungailiat karena kekurangan air bersih.

Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono melalui Kapolsek Sungailiat, AKP Dedy Setiawan dalam pesan singkatnya, Sabtu, mengatakan penyaluran bantuan 5.000 liter air bersih bagi warga di RT 02 Nelayan II merupakan kegiatan Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan pihak kelurahan dan Babinsa dari Koramil Sungailiat.

"Program bakti sosial penyaluran air bersih untuk membantu pemenuhan air bersih bagi warga di daerah itu yang mulai kekurangan selama musim kemarau," katanya.

Dia mengatakan, air bersih yang disalurkannya itu melalui kegiatan sambang Kamtibmas dibagikan kepada warga secara gratis.


Personel Bhabinkamtibmas Polsek Sungailiat,saat membawa drum untuk pengisian air bersih untuk warga di nelayan II Sungailiat (babel.antaranews.com/kasmono)

Pendistribusian air bersih gratis kepada warga di RT 02 Nelayan II kata dia, merupakan ide dari personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungailiat berdasarkan hasil kegiatan di lapangan yang diketahui warga binaanya mengalami kekurangan air bersih.

"Terdapat tiga sumur umum di lingkungan itu yang selama ini dijadikan sumber air bersih, namun kondisi airnya sudah mulai berkurang dan kotor," ujarnya.

Bantuan pasokan air bersih di RT tersebut diberikan karena belum tersedianya fasilitas jaringan air bersih dari PDAM, sehingga warga masih mengandalkan air dari sumur umum.

Ke depannya, untuk memaksimalkan pendistribusian air bersih pihaknya akan melakukan pendataan sehingga diketahui daerah mana saja yang kekurangan kebutuhan air bersih.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019