Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya mengklaim selama menjalani tugas legislatif bersama 44 anggota dewan periode 2014-2019, hasilnya cukup memuaskan dan kinerja para anggota cukup berprestasi, meskipun banyak anggota yang silih berganti di periode tersebut.

"Walau banyak kekurangan dari pandangan publik, namun ada juga kelebihan kinerja yang telah diperbuat para wakil rakyat ini, yang diukur dengan prestasi di awal mengemban tugas," kata Didit, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, kinerja para anggota cukup baik, terlihat dari indeks demokrasi Babel yang terus naik dan Babel pernah menjadi nomor dua pencetus Perda terbanyak se-Indonesia pada 2015/2016 lalu.

Selain itu, rasa kekeluargaan saat bekerjasama dengan para anggota juga sangat dirasakan, meskipun di akhir periode kinerja para anggota terlihat menurun, namun tidak menyurutkan kualitas penyelesaian rancangan Perda yang akan diselesaikan.

"Kekeluargaan kita sangat tinggi. Jujur saya hampir lima periode menjabat, tapi di periode ini rasa kekeluargaan dan kekompakan sangat luar biasa," ujarnya.

Didit menambahkan, di periode 2019-2024 mendatang, tercatat ada16 anggota lama yang akan duduk lagi sebagai anggota DPRD Babel, termasuk dirinya.

Untuk itu, pihaknya menekankan kedisplinan kepada anggota lama yang akan kembali menjabat untuk menambah kualitas kinerja, fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi.

"Penekanan kedepan, kedisplinan anggota dewan akan tetap kita tingkatkan. Seperti kehadiran di pansus, banmus dan agenda lainnya. Badan Kehormatan (BK) juga harus kuat," ujarnya.

Di sisi lain, DPRD Babel juga melakukan rasional anggaran pada APBD perubahan 2019 dan juga pada APBD 2020, yang anggarannya akan di alihkan untuk kebutuhan masyarakat. 

"Di anggaran perubahan 2019 sebesar Rp 8 miliar itu kita alihkan, kita rasionalisasi untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019