Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bangka, Kepulauan Bangka Belitung menilang 104 kendaraan dalam Operasi Patuh Menumbing 2019 karena dianggap tidak dilengkapi dengan dokumen kendaraan yang sah.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono SH MH diwakili Kabag Ops AKP Faisal Fatsey SIK, Kamis, mengatakan dari 104 unit kendaraan yang ditilang itu di antaranya 20 unit kendaraan bermotor dilakukan penahanan karena sama sekali tidak dilengkapi dokumen kendaraan.

Sedangkan kendaraan bermotor yang ditilang dan tidak dilakukan penahanan, kata dia, karena hanya melakukan pelanggaran lain seperti tidak ada sebagian kelengkapan dokumen.

Jumlah pelanggaran dengan tidak dilengkapi surat izin mengemudi sebanyak 18 berkas, STNK sebanyak 66 berkas, dan kendaraan bermotor yang diamankan 20 unit.
Polantas Bangka saat melakukan pemeriksaan dokumen pengendara. (babel.antaranews.com/kasmono)

"Operasi Patuh Menumbing 2019 yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia mulai 29 Agustus sampai 11 September 2019 berlaku bagi kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat dengan waktu dan lokasi disesuaikan dengan wilayah masing-masing," ujarnya pula.

Dalam Operasi Patuh Menumbing akan diperiksa kelengkapan dokumen dan kelengkapan pengguna kendaraan seperti, STNK, SIM, helm standar, sabuk pengaman bagi pengendara roda empat dan pelunasan pajak kendaraan itu.

Sasaran lainnya dalam Operasi Patuh Menumbing 2019 diprioritaskan kepada pelanggar lalu lintas seperti menggunakan telepon genggam saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman, menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya, dan melawan arus lalu lintas.

Operasi Patuh Menumbing bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di daerah.

Operasi dengan sandi Patuh Menumbing 2019 bersifat represif dengan mengutamakan tindakan penegakan hukum bagi para pelanggar lalu lintas.

"Saya imbau masyarakat pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat, untuk tetap menaati ketentuan berlalu lintas seusai dengan tujuan kegiatan operasi tersebut," katanya pula.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019