Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengoptimalkan pelayanan perpustakaan keliling, untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Peran perpustakaan keliling akan kami tingkatkan dengan memperbanyak jumlah buku dan judul buku serta memperluas titik perpustakaan keliling," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Budi Utama di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, perpustakaan keliling ini sistem jemput bola yaitu buku hadir di tengah masyarakat yang ada di pelosok desa selain memanfaatkan sejumlah perpustakaan desa yang ada di daerah ini.

"Dalam perpustakaan keliling ini kami juga akan memperbanyak judul buku bercerita, ini sesuai dengan budaya lokal yaitu mengajak generasi muda bercerita dalam lomba bercerita di kalangan pelajar," ujarnya.

Bahkan saat ini, kata dia, pihaknya sudah mengirim siswa yang lolos di tingkat provinsi untuk mengikuti lomba bercerita tingkat nasional.

"Lomba bercerita ini jelas mampu meningkatkan daya ingat anak, menambah wawasan, perbendaharaan kata dan mengasah otak lebih cerdas," ujarnya.

Ia menjelaskan, lomba bercerita itu dalam rangka menumbuhkembangkan budaya membaca di tengah generasi muda.

"Lomba bercerita juga mendapat manfaat sebagai media menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019