Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan pengawasan aktivitas warga di sekitar Pelabuhan Tanjungkalian dan Mentok guna mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminal.

"Pengawasan terhadap penumpang yang datang dan aktivitas warga di kawasan pelabuhan ini kami harapkan mampu menciptakan situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Senin.

Menurut dia, aktivitas warga di dua pelabuhan yang ada di ujung barat Pulau Bangka tersebut cukup padat sehingga diperlukan kehadiran personel untuk menciptakan situasi aman dan nyaman.

"Selain pengawasan di siang hari, personel juga melaksanakan patroli malam hari di kawasan pelabuhan tersebut," ujarnya.

Dalam kegiatan patroli malam tersebut, selain mendatangi tempat keramaian juga melakukan tatap muka dengan warga untuk menciptakan kedekatan antara polisi dengan masyarakat.

"Pola pendekatan seperti itu penting dilakukan guna mencegah tindakan kriminal seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan tindak kriminalitas lain di kawasan pelabuhan," katanya.

Berbagai pola kegiatan yang dilakukan selama ini merupakan upaya preventif seluruh jajaran Polres Bangka Barat untuk mencegah berbagai potensi tindak kriminalitas, terutama pada waktu malam hari.

Personel kepolisian ingin hadir di tengah warga sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk hadir pada saat dibutuhkan.

"Pada kegiatan yang kami gelar Minggu (1/9) malam tidak ditemukan adanya pelanggaran maupun tindak pidana, kami berharap situasi aman, nyaman dan tertib selalu terjaga di wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019