Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pengembangan usaha pengolahan makanan berbahan baku singkong karena dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Saya mendorong pelaku usaha baik berskala besar atau rumah tangga untuk mengembangkan usaha berbahan baku singkong," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin, saat membuka kegiatan pelatihan diversifikasi olahan singkong.

Menurut Bupati, pengembangan usaha olahan singkong cukup menjanjikan karena bahan bakunya mudah didapat.

"Singkong bisa dibuat menjadi berbagai jenis makanan olahan, dan bahan bakunya mudah didapat tidak perlu harus mendatangkan dari luar Bangka," katanya.

Bupati menyarankan makanan olahan yang berhasil diproduksi hendaknya dikemas sebaik mungkin sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen selain tetap menjaga kualitas produk olahannya itu.

"Saya minta pengembangan usahanya harus dilakukan dengan serius supaya dapat dikenal masyarakat luas mulai dari kualitas dan kemasannya," ujar bupati.

Ia mengatakan, pihaknya akan membantu pelaku usaha khususnya olahan singkong baik pembinaan maupun penjualan sehingga benar-benar dapat tumbuh dan berkembang sesuai yang digarapkan.

"Kalau usaha olahan makanan baik yang bersumber dari singkong, nanas dan jenis lain hasil perkebunan berjalan lancar, pemerintah daerah akan membuatkan kios khusus untuk membantu penjualan produk," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019