Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepuluauan Bangka Belitung, memperkenalkan dunia Kesyahbandaran kepada para siswa dalam kegiatan perhubungan mengajar.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 2019 sesuai instruksi Menteri Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Laut," kata petugas lalulintas angkutan laut KSOP Tanjung Pandan, Iswandi di Tanjung Pandan, Rabu.

Dalam kesempatan itu, para siswa diperkenalkan seputar dunia transportasi terutama transportasi laut seperti dasar hukum, pengenalan tugas, fungsi dan bidang dalam dunia kesyahbandaran.

"Kami juga memberikan motivasi bagi para siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi melalui sekolah kejuruan transportasi ikatan dinas di Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Ia mengatakan, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, serta sangat komunikatif dan interaktif menanyakan seputar dunia kesyahbandaran.

"Mereka bertanya mengenai kesyahbandaran misalnya seperti apa proses kapal masuk, sandar hingga berlayar kembali," katanya.

Ia menambahkan, adapun kegiatan lain yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Perhubungan Nasional 2019 di daerah itu berupa bersih-bersih laut dan pantai.

"Kegiatan bersih laut dan pantai tersebut kami putuskan di pelabuhan Tanjung Pandan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019