Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pengerukan alur Pelabuhan Sungaiselan untuk memudahkan kapal sandar.

"Sungaiselan ini merupakan kecamatan pelabuhan, satu-satunya pelabuhan di Bangka Tengah ada di Sungaiselan," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Sungaiselan, Minggu.

Ia menjelaskan, pengerukan alur pelabuhan menjawab keluhan para pengguna pelabuhan yang mengalami kesulitan untuk bongkar muat karena terjadi pendangkalan alur.

"Kapal mengalami kesulitan untuk sandar karena terjadi pendangkalan alur, mudah-mudahan setelah dikeruk aktivitas di pelabuhan kembali lancar dan normal," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan perintis yang hanya disinggahi kapal berukuran kecil dengan rute pelayaran Sungaiselan-Palembang.

"Namun demikian, keberadaan pelabuhan ini sangat penting bagi masyarakat dan daerah untuk menggeliatkan sektor perekonomian," ujarnya.

Ia mengatakan, pelabuhan tersebut tidak hanya melayani penumpang tetapi juga bongkar muat barang sembako yang dipasarkan di Bangka Tengah.

"Tentu saja sangat besar pengaruhnya terhadap geliat ekonomi di daerah ini, maka aktvitas pelabuhan tidak boleh terhambat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019