Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama dari Kementerian Perhubungan karena dinilai mampu melakukan penataan transportasi publik dengan baik di daerah itu.

"Penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Gubernur Kepulauan Babel mewujudkan layanan transportasi yang berkualitas, aman dan nyaman bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan  pemberian Wahana Tata Nugraha diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada provinsi, kabupaten dan kota yang dinilai mampu melakukan penataan transportasi publik dengan baik yang diselenggarakan setiap tahun sejak 1992.

"Format penilaiannya, awalnya berdasarkan usulan dari daerah yang kemudian dilakukan oleh pemerintah pusat. Tetapi, semenjak 2018 format penilaian berubah yang bertujuan supaya lebih obyektif, yakni penilaian langsung oleh pemerintah Pusat tidak didasarkan kepada usulan daerah," ujarnya.

Menurut dia, durasi penyelenggaraan Wahana Tata Nugraha juga berubah dari setiap tahun menjadi setiap 2 tahun.

Selain Provinsi Bangka Belitung, penghargaan serupa pada tahun ini juga diberikan kepada beberapa provinsi lainnya seperti Jawa Timur, Jambi, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Selatan dan Banten.

Untuk tingkat kabupaten, kata dia  Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Kabupaten Belitung, dan menjadi satu-satu kabupaten/kota di wilayah Babel yang memperoleh piala tersebut.

"Kita berharap penghargaan yang diterima dari Kemenhub RI ini dapat memacu semangat bagi Provinsi Kepulauan Babel, untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada publik dalam hal transportasi," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019