DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang baru dilantik Senin (16/9) diharapkan lebih peka dengan aspirasi masyarakat di daerah itu guna mewujudkan kesejahteraan.

"Kondisi dinamika masyarakat terus berkembang sesuai dengan perubahan situasi daerah, hal ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh anggota legislatif untuk lebih peka dengan aspirasi masyarakat," kata Ketua LSM "Simpul Babel", Ujang Supriyanto di Sungailiat, melalui pesan singkatnya, Selasa, menyikapi kerja DPRD setempat untuk periode lima tahun ke depan.

Menurutnya, ketika anggota dewan yang sebelumnya diusung dari masing-masing partai politik dan bergabung menjadi satu di lembaga legislatif, harus ada komitmen bersama membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat dengan tetap berpedoman pada tugas dan fungsinya.

"Ketika seseorang duduk di parlemen, masyarakat mengabaikan partai pengusung sebelumnya dan lebih pada kepercayaan bahwa mereka dianggap mampu menyampaikan mandat suaranya," jelasnya.

Kepercayaan masyarakat yang disampaikan melalui hak suara pada pemilu, kata Ujang Supriyanto, harus dimaknai sebagai tuntutan amanat sekaligus tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

"Kepercayaan publik kepada legislator secara menyeluruh harus mampu disikapi secara bijak mengingat suara masyarakat yang beragam sebagai pembuktian bahwa masyarakat sekarang sudah cukup cerdas," katanya.

Hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh anggota dewan, kata dia, dimana harus mampu memperkuat kemitraan dengan eksekutif sesuai amanah konstitusi yang berorientasi pada kepentingan kesejahteraan masyarakat.

"Saya rasa dengan tidak mengurangi statusnya sebagai anggota dewan, sikap pengakuan diri dengan banyak belajar, bertanya dan turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi masyarakat barangkali sangat lebih baik," ujarnya.

Dia menyarankan agar dewan periode sekarang, untuk mengurangi kegiatan keluar kota kalau kurang penting untuk menepis anggapan menghabiskan anggaran namun minim kerja.

"Saya memberikan dukungan penuh kepada seluruh anggota legislator dengan harapan mampu bekerja lebih baik dan pro-pada rakyat," jelasnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019