Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengembangkan moda transportasi laut antarpulau kecil, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.

"Kami berharap dengan adanya konektivitas baru, masyarakat di pulau-pulau kecil mudah mendapatkan transportasi aman, nyaman, dan murah," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan usai upacara bendera Hari Perhubungan Nasional 2019 di Pangkal Pinang, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah provinsi pada 2020 akan membuka konektivitas baru antar pulau, yaitu Pulau Tujuh, transportasi wisata ke Pulau Ketawai, Pulau Lepar, serta Penyeberangan Baki (Bangka Barat) - Belinyu (Bangka).

"Kami harus terus meningkatkan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan di bidang transportasi khususnya laut, guna mempercepat pemerataaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat daerah ini," katanya.

Menurut dia, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi memaknai Hari Perhubungan Nasional tahun ini sangat mendalam untuk melakukan instrospeksi atas pelaksanaan tugas di sektor perhubungan.

"Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, Pemprov Babel menyambut baik tema Harhubnas tahun 2019 yaitu “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju”, untuk mempresentasikan bagaimana seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder bersama-sama secara nyata membangun konektibilitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia.

"Sektor perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019