Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk desa bersih dari narkoba "Bersinar" di Desa Jada Bahrin Kecamatan Merawang dan Desa Bukit Layang di Kecamatan Bakam.

Dibentuk desa "Bersinar" menurut Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Bangka, Abdul manan melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Sungailiat, Kamis, sebagai upaya pencegahan melalui penyadaran masyarakat atas ancaman bahaya penyalahgunaan narkotika.

"Desa yang ditunjuk sebagai desa "Bersinar" akan menyampaikan sosialisasi atau kampanye bahaya narkotika langsung kepada warga masyarakat desa setempat," jelasnya.

Diharapkan dengan desa "Bersinar" dapat membangun kesadaran masyarakat desa terhadap peredaran narkotika yang semakin mengkhawatirkan di lingkungan masyarakat.

"Secara bertahap, kedepannya akan muncul desa-desa lainnya yang berperan serta melakukan kegiatan yang serupa desa "Bersinar" sehingga masyarakatnya bebas dari ancaman bahaya narkotika," katanya.

Selain membentuk desa "Bersinar" kata dia, pihaknya terus menggalang peran masyarakat, lingkungan pendidikan, pegawai swasta serta pihak lainnya untuk berpartisipasi aktif menjadi relawan anti narkoba.

Relawan anti narkoba dari masing - masing perwakilan memperpanjang jangkuan jaringan BNN dalam upaya penyebarluaskan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

P4GN adalah upaya sistematis berdasarkan data penyalahgunaan narkoba yang tepat dan akurat, perencanaan yang efektif dan efisien dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan warga negara dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba.

Pentingnya pemberdayaan masyarakat bersama instansi pemerintah dalam program P4GN adalah dalam rangka upaya memobilisasi seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019