Jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah dari sebelumnya lima fraksi menjadi enam fraksi.

"Enam fraksi sudah ditetapkan atau bertambah satu fraksi dibanding DPRD periode 2014-2019," kata Wakil Ketua DPRD Bangka Tengah, Batianus di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, enam fraksi tersebut adalah Fraksi Golkar dan Demokrat, Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem-PKB-PKS, Fraksi PPP, Fraksi Gerindra, dan Fraksi PAN.

Sebelumnya hanya terdiri lima fraksi, periode sekarang bertambah menjadi enam fraksi karena beberapa partai politik peserta pemilu mampu meraih suara signifikan dan merebut beberapa kursi di lembaga legislatif itu.

"Pimpinan dewan berhak diduduki anggota DPRD dari PDIP, Golkar dan Nasdem sebagai peraih kursi dan suara terbanyak dalam Pemilu 2019," ujarnya.

Dalam Pemilu 2019 tercatat sembilan partai politik yang meraih kursi di DPRD Bangka Tengah, yaitu PDIP, Golkar, Nasdem, Gerindra, PPP, PAN, Demokrat, PKS dan PKB.

PDIP berhasil merebut lima kursi DPRD, disusul Partai Golkar empat kursi, NasDem tiga kursi, Gerindra tiga kursi, PPP tiga kursi, PAN meraih tiga kursi.

Partai Demokrat dalam Pemilu serentak 2019 meraih dua kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing satu kursi.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019