Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 75 personel polisi Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap amankan perayaan Lebaran 1435 Hijriah di delapan pos pengaman di daerah itu.

"Kami sudah menyiapkan 75 personel polisi yang akan ditempatkan di delapan pos pengamanan yang dianggap titik rawan seperti di sejumlah tempat yang padat pengunjung," kata Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan personel polisi yang ditugaskan mengamankan pelaksanaan Lebaran mendapat dukungan tambahan personel dari TNI, Satpol PP serta intansi terkait di pemerintah Kabupaten Bangka.

"Kegiatan pengamanan Lebaran sudah dirancang dengan matang sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan yang konduksif di tengah masyarakat yang sedang menjalankan perayaan Idul Fitri," katanya.

Petugas pengamanan Lebaran, kata dia, direncanakan melakukan kegiatan mulai Selasa, 22 Juli, sampai 6 Agustus 2014 mendatang.

"Saya berharap pelaksanaan pengamanan Lebaran 2014 berjalan lancar, dan masing-masing personel dari satuannya dapat bekerjasama dengan baik serta saling berkoordinasi," kata kapolres.

Seluruh personel polisi pengamanan Lebaran di wilayah hukum Polres Bangka yang didukung personel di satuan Polsek, kata kapolres, berjumlah lebih dari 300 personel. Dengan jumlah personel sebanyak itu diharapkan pengamanan dapat berjalan dengan lancar.

Kapolres Bangka juga menyampaikan pesan Kapolri, yang menekankan kepada seluruh personel agar melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas di lapangan, untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi di masyarakat, memberikan himbauan, baik melalui media cetak maupun elektronik, menyebarkan leaflet dan pasang spanduk tentang tertib berlalu lintas serta selalu waspada terhadap setiap ancaman kriminalitas.

"Personel polisi diimbau melakukan tindakan tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltiblancar selama perayaan Idul Fitri 1435 H," katanya.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014