Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) bagi Banpol Satuan Polisi Pamong Praja daerah itu.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Selatan, Rudi Kurniawan di Toboali, Senin mengatakan pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 29 September - 8 Oktober 2019.

"Pelatihan yang dipusatkan di gedung Diklat Pemkab Basel ini dimulai pada minggu, (29/09) seluruh peserta masuk barak dan siap untuk melaksanakan pelatihan," katanya.

Ia mengatakan jumlah keseluruhan peserta diklat kurang lebih sebanyak 30 orang Banpol PP yang bertugas di Satpol PP Kabupaten Bangka Selatan.

"Jumlah peserta diklat sebanyak 30 orang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Untuk instruktur sendiri kami bekerja sama dengan Polres Bangka Selatan," katanya.

Kabid Linmas dan Pariwisata Satpol PP Bangka Selatan, Firmansyah mengatakan Pendidikan dan Pelatihan dasar ini dilaksanakan guna merealisasikan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya Banpol PP.

"Kami berharap melalui pelatihan ini upaya peningkatan sumber daya manusia terealisasi dan semakin meningkatkan meningkatkan kinerja serta profesionalisme Banpol PP untuk melaksanakan tugas dilapangan demi menjaga ketertiban umum, ketenteraman masyarakat dan juga sebagai penegakan peraturan daerah," kata dia.

Selain itu, Diklat juga dimaksudkan membentuk karakter Banpol PP menjadi warga negara Indonesia yang mengerti, menghayati dan yakin untuk menunaikan tugas  selaku penjaga ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan penegakan peraturan daerah.

Menurut dia, dalam menghadapi tantangan tugas Pol PP ke depan perlu diberikan pembekalan tentang pengetahuan dan pemahaman wawasan kebangsaan, bela negara dan pembinaan fisik serta kedisiplinan dengan harapan dapat menjalankan tugas dengan benar.

"Saya berharap Satpol PP kedepan sebagai aparat yang berkarakter dan memiliki loyalitas yang tinggi dalam mengawal pembangunan Kabupaten Bangka Selatan, yang mandiri dan sejahtera," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019