Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menjual sebanyak 2,1 ton daging sapi bersubsidi khusus untuk kalangan keluarga kurang mampu di daerah itu.

Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah, Edi Romdhoni di Koba, Rabu, mengatakan penjualan daging bersubsidi itu dilakukan selama tiga hari yang terpusat di Kantor Camat Koba.

"Sebanyak 2,1 ton daging kami jual kepada keluarga kurang mampu dengan harga Rp40.000 per kilogram untuk membantu memenuhi kebutuhan daging mereka menjelang Lebaran Idul Fitri," ujarnya.

Ia menjelaskan, warga kurang mampu yang mendapatkan daging bersubsidi sudah didata dan mengantongi kupon yang tertera harga daging per kilogram.

"Mereka datang langsung ke Kantor Camat Koba, kemudian menunjukkan kupon kepada panitia dan membeli daging hanya seharga Rp40.000 per kilogram atau jauh lebih rendah dibanding harga pasaran yang mencapai Rp120.000 per kilogram," jelasnya.

Ia menyebutkan, dana untuk daging bersubsidi tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Tengah tahun 2014 sebesar Rp290 juta untuk 2,1 ton.

"Tercatat sebanyak 1.875 keluarga kurang kampu yang akan mendapatkan daging murah atau subsidi tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, daging bersubsidi itu akan disebarkan ke seluruh atau enam kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah.

"Pembagian daging bersubsidi ini terdiri atas dua paket, yakni paket A sebanyak satu kilogram dan paket B sebanyak dua kilogram. Namun harganya tetap sama," ujarnya.

Ia menjelaskan, warga yang mendapat kupon daging bersubsidi merupakan rumah tangga sasaran sesuai dengan pendataan yang dilakukan pihak desa/kelurahan masing-masing.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014