Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengetatkan pengawasan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang dari Pulau Sumatera.

"Pengetatan pengawasan ini tidak hanya dilakukan terhadap barang bawaan penumpang, namun juga kendaraan yang mereka gunakan untuk mencegah masuknya barang hasil tindak pidana dari daerah lain," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Senin.

Menurut dia, Pelabuhan Tanjungkalian Mentok merupakan pintu masuk utama bagian barat Pulau Bangka yang menghubungkan dengan Pulau Sumatera sehingga potensinya sangat besar untuk masuknya barang terlarang dan hasil kejahatan.

"Personel kami perintahkan untuk selalu waspada dan melakukan pemeriksaan kendaraan dan surat menyurat, baik kendaraan yang datang maupun yang meninggalkan pelabuhan," ujarnya.

Selain kendaraan, barang bawaan penumpang juga diperiksa dengan target barang berupa senjata tajam, narkoba, barang ilegal dan sejenisnya.

Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang kapal feri dan kapal cepat selama menyeberangi Selat Bangka.

"Kami imbau kepada para sopir agar selalu melengkapi surat kelengkapan pribadi dan kendaraan dengan benar serta mematuhi aturan selama perjalanan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan dan kejahatan lain," katanya.

Pada pemeriksaan yang digelar puluhan personel Polres Bangka Barat tersebut tidak ditemukan adanya barang hasil kejahatan maupun barang terlarang lainnya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019