Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gandeng Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, untuk membantu kemasan produk usaha mikro kecil dan menengah agar lebih menarik dan diminati pasar global.

"Kami merasa bahwa perkembangan media kreatif ini sangat tepat untuk mendorong perkembangan ekonomi khususnya UMKM yang bergerak cepat di masyarakat,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemprov Kepulauan Babel dengan Politeknik Negeri Media Kreatif tentang Pengembangan Kelembagaan, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemanfaatan Sumber Daya tersebut akan sangat membantu pelaku UMKM untuk mempercantik kemasan produk yang lebih menarik pasar global.

"Saya sangat senang adanya kesepakatan bersama ini dan diharapkan bulan depan sudah bisa laksanakan, karena kami ingin beberapa orang dari Babel dikuliahkan di Politekni selama tiga bulan atau enam bulan untuk memperkuat pengelolaan rumah kemasan," ujarnya.

Selain itu, pemerintah provinsi ingin Politeknik Negeri Media Kreatif ini, melakukan kerja sama dengan rumah kemasan yang mulai beroperasi 2020, termasuk sebagai dukungan yang memang dibutuhkan dalam rumah kemasan itu.

"Kami inginkan kerja sama ini penuh, apapun bentuknya untuk menjadikan rumah kemasan itu menjadi rumah kemasan yang hadir dalam rangka membantu UMKM, sehingga kedepan setelah kerja sama ini, bisa memberikan perubahan yang sangat signifikan dari segi kreatifnya UMKM membuat kemasan," katanya.

Apalagi, kata Erzaldi, pada 2021 Pemprov Kepulauan Babel ada Program Visit Babel, dimana pada tahun itu pengepakan produk itu sudah ada perubahan.

Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Purnomo mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepulauan Babel yang telah memberikan kepercayaan dan menggandeng Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta untuk kerja sama ini.

"Sebenarnya pertemuan saya dengan Gubernur Erzaldi hingga terjadinya MoU ini, tidak lebih dari satu bulan. Politeknik Negeri Media Kreatif ini, kampus utamanya dan Prodi Packaging ada di Jakarta. Selain Prodi Packaging, dikatakan Purnomo, ada juga sejumlah Prodi lainnya dimiliki Politeknik Negeri Media Kreatif," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019