Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lakukan pengukuran terhadap indeks profesional (IP) aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota itu, Rabu.

Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam mengatakan, secara umum persentasi profesionalitas itu sendiri juga untuk mengukur indeks Pemkot Pangkalpinang.

"Pengukuran secara teknis ada aplikasinya dan ada kriteria yang harus diisi seperti potensi pendidikannya. Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, nantinya mereka akan menjadi petugas pengukur dan penginput di OPD masing-masing," katanya.

Menurutnya pengukuran indeks profesionalitas ASN akan menghasilkan peta tingkat profesionalitas ASN berdasarkan standar profesionalitas tertentu yang bermanfaat paling sedikit bagi tiga pihak, yaitu pegawai ASN, instansi pemerintah dan masyarakat.

"Bagi pegawai ASN tentunya dapat digunakan sebagai area pengembangan diri dalam upaya peningkatan derajat profesionalitas sebagai ASN," katanya.

Sementara untuk intansi pemerintah, dapat digunakan sebagai dasar perumusan dalam rangka pengembangan pegawai ASN secara organisasional.

Ia berharap, hasil pengukuran indeks profesional ini dapat meningkatkan potensi dan kemampuan para ASN.

"Kami akan menilai ASN yang bagus, itu menjadi salah satu kriteria untuk cepat dinaikan jabatannya. Itu merupakan reward dari kami," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019