Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan tinggi gelombang di perairan Selat Karimata mencapai tiga meter berlaku mulai Kamis (31/7) pukul 07.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada kapal yang hendak berlayar agar meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang tersebut dapat membahayakan keselamatan," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Omar Mukhtar, di Pangkalpinang, Rabu.

Selanjutnya, kata dia, arah dan kecepatan angin di periaran Selat Karimata dari Tenggara ke selatan berkisar 13-38 kilometer per jam, tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa berkisar 2,0 ¿ 2,5 meter, arah dan kecepatan angin dari Tenggara ke Selatan berkisar 10 ¿ 35 kilometer per jam.

Tinggi gelombang di perairan utara Bangka berkisar 1,3 ¿ 2,5 meter dengan arah angin dan kecepatan anging dari Timur ke Selatan berkisar 10 ¿ 33 kilometer per jam.

Demikian pula, tinggi gelombang di perairan Selatan Bangka berkisar 1,5 ¿ 2,5 meter dengan arah dan kecepatan angin dari Tenggara ke Selatan berkisar 10 ¿ 33 kilometer per jam.

Tinggi gelombang di Selat Bangka berkisar 1,0 ¿ 1,5 meter, arah dan kecepatan angin dari Tenggara ke Selatan berkisar 8 ¿ 30 kilometer per jam.

Sementara itu, kata dia, tinggi pasang air laut Sungailiat, Kabupaten Bangka, berkisar 2,15 meter, di Membalong, Kabupaten Belitung, mencapai 2,06 meter dan tinggi pasang air laut di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan berkisar 1,70 meter.

Tinggi pasang air di laut Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,45 meter, di Belinyu, Kabupaten Bangka berkisar 1,42 meter, di Muntok, Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,38 meter dan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung berkisar 1,25 meter.

Ia mengatakan, tiga dari tujuh kota/kabupaten yang ada di Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Cuaca di daratan Babel yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan yakni, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara cuaca di daratan Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Belitung dan Belitung Timur hanya berawan tanpa berpotensi hujan sedang atau pun ringan.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014