Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan enam unit kapal fiberglas kapasitas kurang dari tiga gross ton kepada sejumlah kelompok usaha bersama (Kube) nelayan.

Bantuan enam unit kapal fiberglas kepada nelayan yang tergabung dalam Kube, kata Bupati Bangka, Mulkan, di Sungailiat, Kamis, bantuan tersebut merupakan program pemberdayaan usaha kecil masyarakat kelautan dan perikanan.

Kapal penangkapan ikan yang disalurkan kepada nelayan tersebut dilengkapi dengan peralatan labuh dan tambat, perlengkapan keselamatan serta perlengkapan navigasi.

"Apapun alasannya, saya minta bantuan tersebut jangan dialihkan ke nelayan lainnya karena bantuan pemerintah itu diperuntukkan membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan," kata bupati.

Selain penyaluran bantuan kapal penangkapan, kata bupati, kegiatan program yang sama juga disalurkan sebanyak enam unit mesin kapal kapasitas 18 PK, Gillnet, fish finder dan coolbox sebanyak enam paket.

Bupati mengatakan, program bantuan bagi nelayan terus diusahakan setiap tahunnya yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

"Mengingat banyaknya usulan bantuan dari nelayan yang tergabung dalam Kube, kami terus mengupayakan agar bantuan yang sama setiap tahunnya dapat terlaksana, namun tetap menyesuaikan kemampuan dana," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019