Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Sahbuddin "menantang" mahasiswa asal daerah itu yang mendapatkan beasiswa ke Institusi Pertanian Bogor (IPB) untuk menciptakan teknologi perikanan tangkap.

Tantangan itu disampaikannya di Sungailiat, Jumat, setelah sebelumnya bersilaturahmi dan berdialog dengan belasan mahasiswa asal Bangka di IPB Bogor.

Menurut Wabup, sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi perairan, Kabupaten Bangka memiliki potensi perikanan laut yang sangat besar.

Namun dalam praktik sehari-hari, masyarakat Bangka yang banyak berprofesi sebagai nelayan hanya menggunakan cara tradisional dalam menangkap ikan.

Karena itu, mahasiswa asal Bangka yang diberikan beasiswa dalam perkuliahan di IPB diminta untuk mampu menciptakan teknologi dalam penangkapan ikan.

Dengan teknologi tersebut, diharapkan nelayan Bangka mampu menangkap ikan dengan cara yang lebih terarah dan efisien, namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

"Saya ingin tantang, setelah kalian lulus, bisa menciptakan teknologi penangkapan ikan. Jadi, ketika nelayan mau ke laut, dia sudah tahu laut mana yang mau dituju, ikan apa yang mau diambil," jelasnya.

Menurut dia, keberadaan teknologi perikanan tangkap itu juga nantinya dapat menambah pemahaman nelayan Bangka mengenai lokasi yang tepat dalam menangkap ikan.

Sebagai orang yang memahami dunia nelayan, Wabup Bangka merasa prihatin karena nelayan selama ini sering hanya berputar-putar di perairan karena tidak mengetahui lokasi yang tepat untuk mendapatkan ikan.

Tidak jarang, nelayan hanya berputar-putar di perairan karena tidak mengetahui lokasi yang banyak ikan sehingga mubazir dalam penggunaan BBM.

"Kalau teknologi itu ada, nelayan sudah tahu koordinat mana yang mau dituju sehingga hemat waktu dan biaya. Saya juga nelayan, jadi, saya tantang itu," ujar Sahbuddin.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019