Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar sidang paripurna dengan agenda penetapan pimpinan DPRD definitif.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Belitung periode 2019-2024 akan dilakukan besok hari," kata Sekretaris DPRD Belitung, Thohari Warsito di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan, Sekretariat DPRD Belitung telah menerima surat keterangan atas persetujuan usulan pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Belitung periode 2019-2024.

Menurut dia, ada tiga nama yang akan dilantik menjadi pimpinan DPRD Belitung periode 2019-2024 yakni Ansori sebagai ketua, Budi Prasetyo sebagai Wakil Ketua I dan Hendra Pramono sebagai Wakil Ketua II.

"Kami sudah menerima surat keterangannya dan nama-namanya masih tetap seperti yang diusulkan sebelumnya," ujar dia.

Selain itu, kata dia, DPRD Belitung juga akan menggelar sidang paripurna lainnya dengan agenda pengesahan tata tertib dan kode etik kemudian penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Ia menjelaskan, alat kelengkapan dewan tersebut terdiri dari badan musyawarah, badan anggaran, badan kehormatan, komisi satu, komisi dua, komisi tiga dan badan pembentukan peraturan daerah.

"Untuk gambaran dari AKD sudah terbentuk tinggal menunggu dilantik pimpinan definitif kemudian disahkan," ujarnya.

Dikatakannya, dengan terbentuknya pimpinan definitif DPRD tersebut maka kinerja anggota dewan akan lebih maksimal dalam melakukan pembahasan peraturan perundang-undangan.

"Setelah ditetapkan maka mereka akan segera membahas mengenai APBD Kabupaten Belitung tahun 2020 paling lama ditargetkan seleai akhir November," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019