Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat di daerah itu mewaspadai penyakit influenza serta sejumlah penyakit lainnya ketika pancaroba.

"Ketika peralihan musim dari kemarau ke penghujan biasanya penyakit yang sering terjadi adalah infulenza," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Suhandri di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, selain influenza gejala penyakit lain yang harus diwaspadai yakni Demam Berdarah Dengue (DBD) karena hujan mulai turun dan menimbulkan genangan air di sejumlah tempat.

"Kalau musim hujannya sudah rutin atau kencang biasanya berpotensi, tetapi jika terkadang hujan terkadang tidak maka genangan air yang tidak diantisipasi bisa mengarah kepada DBD," ujarnya.

Dinkes Belitung mengantisipasi merebaknya wabah DBD di daerah itu ketika memasuki musim penghujan dengan kegiatan promosi dan preventif.

"Masing - masing di puskesmas bersama desa melakukakan kegiatan gotong royong pada hari yang disepakati secara bersama dan rutin," katanya.

Ia mengatakan ketika memasuki musim penghujan masyarakat diminta menjaga keseimbangan pola makan guna menghindari tubuh dari serangan sejumlah penyakit.

"Mengkonsumsi makanan dan menjaga keseimbangan jenis makanan jadi ada unsur karbohidrat, mineral, protein, dan unsur vitamin," ujarnya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019