Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyalurkan ribuan bibit lada secara gratis kepada 11 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Bangka Selatan guna memotivasi petani untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas komoditas ekspor tersebut.

"Saya berharap petani tetap bersemangat mengembangkan tanaman lada, meskipun harga komoditas ini mengalami penurunan," kata Erzaldi Rosman Djohan saat menyerahkan bantuan kepada poktan Bangka Selatan, Selasa.

Ia mengatakan sebanyak 11 poktan Bangka Selatan yang mendapatkan bantuan bibit lada berkualitas ini adalah Poktan Desa Nangka, Akar Harek, MakmurJaya, Ranggas Makmur, Tani Jaya, Sadar Lingkungan, Meralin, Jaya Makmur, Mulya Sari, Mekar Jaya, Garuda Jaya, dan Kelompok Tani Kamboja.

"Masing-masing petani yang tergabung dalam poktan ini mendapatkan bantuan 500 batang bibit lada dan dengan tetap semangat, pas harga lada naik bisa menjualnya," ujarnya.

Menurut dia meski saat ini harga lada turun, namun pemprov terus berupaya membagikan bibit lada gratis, perluasan lahan dan pemberian bantuan pupuk serta sarana pertanian lainnya kepada para petani.

"Kami berharap para petani menanam lada dengan baik, sesuai dengan petunjuk teknis menaman lada, sehingga hasilnya panen lada melimpah dan kualitasnya baik," katanya.

Ia menambahkan jika bibit lada yang diberikan kurang bagus, silahkan lapor kepada dirinya, dikembalikan dan minta ganti yang baru.

"Jika bibit ladanya kurang bagus, lapor ke saya lewat WA atau telpon langsung," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi mengatakan Desa Nangka nanti akan dijadikan sebagai sentra Lada.

"Kami akan jadikan Desa Nangka sebagai percontohan rehabilitasi junjung tanaman lada, sehingga lada bisa ditanam kembali. Selain itu meningkatkan produktivitas dan perluasan lahan lada," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019