Kepolisian Rersor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan alat keselamatan nelayan guna meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut.

"Bantuan ini juga sebagai upaya kami meningkatkan kesadaran para nelayan agar selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan di saat mereka sedang bekerja mencari ikan di laut," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Senin.

Penyaluran bantuan alat keselamatan nelayan yang dilaksanakan langsung oleh Kapolres Muhammad Adenan itu juga sebagai bentuk kepedulian polisi dalam meningkatkan keselamatan nelayan sekaligus peringatan hari Polairud ke-69 yang dilaksanakan di daerah itu.

Secara simbolik, penyerahan bantuan berupa jaket keselamatan disalurkan Kapolres kepada warga nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan Jaya Mandiri di Pantai Peltim, Kelurahan Sungaibaru, Mentok, pada Senin.

Penyerahan bantuan kepada nelayan dan kelompok nelayan tidak hanya dilakukan pada saat kegiatan peringatan ulang tahun Polairud, namun selama ini Satpolair Polres Bangka Barat selalu memperhatikan kebutuhan nelayan.

"Bantuan alat keselamatan diri selama ini sudah dilakukan secara berkala kepada nelayan, kami berharap mereka semakin sadar keselamatan dan selalu waspada selama melaut," katanya.

Menurut dia, pekerjaan di laut memiliki risiko cukup besar dan diingatkan agar selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan pribadi dan pendukung lainnya.

"Setiap melaut pertimbangkan faktor cuaca, jangan dipaksakan saat cuaca tidak memungkinkan dan selalu bawa alat komunikasi, penerangan, bahan bakar cadangan dan lainnya yang sewaktu-waktu dibutuhkan," katanya.

Selain membantu kebutuhan nelayan, pola kerja sama dengan para nelayan juga dibutuhkan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan di daerah itu.

"Kami berharap kedekatan antara polisi dengan warga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya aksi kejahatan di wilayah perairan," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019